Beginilah Caranya Memilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Kamu

Saturday, June 25, 2016






Apa itu niche? Kenapa harus memilih niche yang tepat untuk blog kalian? Mungkin ini yang ada di kepala teman-teman saat membaca judul di atas. Bahasa sederhana dari niche adalah "pasar tertentu". Jadi  saat membuat blog, .... pasar manakah yang menjadi target kalian?

Saya punya sedikit cerita buat teman-teman di sini. Saat saya belajar cara membuat blog saya membuat blog ini dengan tujuan menjadi dummy blog untuk ujicoba berbagai trik SEO yang ada di luar sana. Saya melakukan ini karena ada begitu banyak teori di luar sana dan tidak semuanya bekerja dengan baik....

Tanpa disengaja, ternyata blog ini terus berkembang .... dan membuat banyak orang ingin meniru konsep yang ada di trikmudahseo ini. Sayangnya mereka tidak tahu bahwa trikmudahseo berada di niche yang bisa dikatakan "tidak menyenangkan"....

Kenapa tidak menyenangkan? Perlu kalian ketahui bahwa ini adalah niche yang pencarinya sebenarnya medium saja. Mau sebaik apa posisi kita di Google tetap saja pasarnya bukanlah pasar yang besar. Kalau mau membuat blog yang ramai, maka buatlah yang ramai pasarnya....entah itu teknologi gadget, atau game, atau ............ sex.

Di segmentasi tutorial SEO ini banyak sekali artikel pendukung yang harus dibuat untuk melengkapi pengajarannya, padahal artikel itu sendiri pencarinya bisa dikatakan sangat sedikit..... Dan yang terburuk adalah semua pesaingnya adalah peminat SEO....

Lengkaplah sudah. Ini seperti menonton film Bourne di mana para pembunuh bayaran kelas tinggi saling incar....

Jadi sebelum memulai sesuatu yang belum tentu kalian inginkan ada baiknya teman-teman membaca cara memilih niche yang mungkin bisa teman-teman jalankan dengan lebih "menyenangkan".

Cari tahu jumlah pencarian dari Niche blog yang kalian akan pilih

Jadi anggaplah teman-teman sudah membuat daftar nichenya. Sekarang coba buat daftar kata kunci di setiap niche, dan ujilah kata kunci itu pada Google Keyword Planner....

Satu yang perlu teman-teman perhatikan bahwa Google Keyword planner ini berbeda dengan keyword tool, karena Keyword Planner tidak menyediakan opsi pencarian broad (melebar), dan phrase (frasa). Jadi yang ada hanyalah pencarian Exact (Tepat).

Apa yang dimaksud dengan pencarian yang tepat? Itu artinya kata kunci yang dimasukkan harus benar-benar sama dengan yang diketikkan pengunjung. Jadi buat saja ini menjadi mudah untuk kalian....lakukan riset hanya dengan menggunakan short tail keyword. Kalau kalian mencari long tail maka kebanyakan hasilnya adalah nihil....

Apa yang dimaksud dengan short tail keyword? Itu maksudnya kata kunci yang hanya terdiri dari `1-3 kata saja. Misalnya JUAL LAPTOP MURAH. Jadi masuklah "bersemedi" di dalam kamar kalian untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci pendek untuk niche yang kalian bidik.

Hitung potensi pengunjung dari niche yang kalian pilih

Buatlah beberapa kata kunci pendek dari niche tersebut dan gabungkan total pencarian bulanannya. Gunakan jumlah pencarian bulanan lokal jika target kalian hanya di dalam wilayah Indonesia saja. Berapa jumlah total yang kalian peroleh?

Kalikan jumlah tersebut dengan 50% lalu bagi 30 untuk mendapatkan potensi trafik harian kalian di niche tersebut saat kalian menjadi yang terbaik di niche tersebut. Kalau kalian tidak suka dengan angka yang kalian lihat, maka mungkin saatnya kalian mencari niche yang lain.... dan katakan pada diri kalian untung belum terlanjur buang-buang tenaga membuat blognya (^_^)

Btw, ada yang bertanya kenapa harus dikali 50%? Sederhana saja, karena tidak semua orang mengklik ranking 1 di Google. Menurut riset dari beberapa pengamat SEO di amerika sana, ranking 1 hanya mendapat sekitar 50% klik saja dari total pencarian.

Cermati Persaingan Dari Niche Yang kalian Pilih

Tidak semua niche itu legit walaupun pencariannya banyak. Justru kebanyakan niche yang pencariannya banyak itu seperti mengunyah bata dan membuat gusi berdarah. Jadi setelah kalian mengumpulkan kata kunci saatnya masuk ke medan tempur dan kenali siapa saja lawan kalian.....

Kalau ada yang bilang cara mengetahui kompetisi kalian adalah dengan melihat jumlah halaman dari hasil pencarian, maka itu adalah bohong besar. Satu-satunya cara mengetahui persaingan kata kunci adalah mengenali siapa lawan kalian di halaman pertama.... Yang ada di halaman kedua dan seterusnya tidaklah penting sama sekali.

Bukalah Google; baik untuk .co.id maupun .com dan masukkan satu persatu kata kunci yang kalian bidik dan lihat siapa saja lawan kalian. Masukkan URL homepage-nya ke ahrefs.com dan lihat berapa jumlah backlinknya apakah lebih dari 5000, apakah backlinknya rata-rata dofollow, apakah variasi referensi domainnya lebih dari 200. Jika ya, maka bersiaplah untuk bekerja keras.

Kenapa berkerja keras? Karena ahrefs.com itu jauh dari akurat. Jadi biasanya nilai realnya adalah 10-20 kali dari yang diperlihatkan oleh ahrefs.... Nah, sekarang bagaimana kalau ternyata hasilnya jauh lebih banyak dari itu..... lupakan bekerja keras, karena kalian akan bertempur mati-matian untuk beberapa bulan ke depan.

Apakah niche blog yang kalian pilih komersil?

Setelah kalian tahu bahwa pencariannya banyak, dan juga kalian tahu bisa mengalahkan mereka yang ada di halaman pertama. Maka pertanyaan selanjutnya, apakah kalian bisa menghasilkan sesuatu dari blog itu? Misalnya; seberapa menguntungkan nilainya jika setelah blog itu populer kalian memasang adsense. Atau berapa besar potensinya jika kalian memasarkan suatu produk afiliasi yang sesuai dengan niche kalian....

Untuk masalah yang satu ini tidak akan ada habisnya kalau dibahas di blog ini, jadi saya sarankan teman-teman berkeliling ke forum-forum pelaku internet marketing atau bisnis online untuk "menimba pengalaman".....

Setelah kalian fix dengan semua yang ada di atas, silahkan mulai membuat blog kalian sendiri di blogspot atau bisa juga kalian mencoba membuat website sendiri dengan menggunakan CMS Wordpress.... Good Luck!

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Ngeblog YES! - Belajar Ngeblog Makin Asik.